bentuk berlian

Panduan Lengkap untuk Memilih Bentuk Berlian: Dari Round hingga Asscher

Bentuk berlian sejatinya berpengaruh mendalam terhadap tampilan dan value sebuah berlian. Maka dari itu, memilih shape yang tepat akan menentukan kilau dan karakter berlian itu sendiri.

Dari bentuk yang klasik dan elegan hingga kontemporer dan unik, setiap potongan menyajikan keunikan berbeda, sehingga selalu ada cerita dalam setiap perhiasan.

Dengan pemahaman yang baik tentang bagaimana setiap bentuk memengaruhi cahaya dan estetika, kamu dapat membuat keputusan yang tidak hanya indah, tapi juga meningkatkan investasi jangka panjang.

1. Round

Round

Round shape pada berlian adalah yang paling populer dan banyak diburu. Terdapat 58 facet pada berlian berbentuk round, sehingga cahaya yang ditangkap dapat dipantulkan kembali dengan sangat indah.

Berlian dengan bentuk round ini cocok untuk kamu yang suka look klasik dan timeless dalam perhiasan.

2. Oval

Oval

Selain round, berlian berbentuk oval juga menjadi pilihan populer. Bentuk diamond yang satu ini menawarkan ilusi panjang dan ramping pada jari. Kamu bisa memadukan oval-shaped diamond untuk cincin dengan look modern.

3. Cushion

Cushion

Seperti namanya, cushion-shaped memiliki tampilan garis tepi yang membulat dan tampak seperti bantal atau cushion. Potongan ini menampilkan fire yang elok ketika cahaya memantul.

Potongan yang lembut dan rounded curve di setiap sisi membuat potongan berliannya ideal untuk kamu yang menyukai nuansa vintage dan romantis pada perhiasan.

4. Emerald

Emerald

Ciri-ciri berlian dengan emerald cut adalah garis-garis yang clean serta siluet yang anggun. Struktur faset yang terbuka juga memungkinkan bentuk emerald memantulkan kilau alami dan kejernihan tingkat tinggi.

Potongan yang berbentuk persegi panjang yang berpadu dengan clear cut ini memberikan kesan elegan dan sophistication pada penggunanya. Makanya, cincin dengan emerald cut juga bisa digunakan para pria.

5. Asscher

Asscher

Emerald-shaped diamond punya saudara bernama asscher. Potongan berlian yang satu ini mirip dengan bentuk emerald, tapi fasetnya berbentuk X dari atas, sehingga memberikan kesan seperti “never ending page”. Desainnya juga lebih unik daripada cut lain pada umumnya, sehingga cocok untuk vintage details.

Namun, penting untuk memilih diamond berkualitas tinggi karena bentuk Asscher membuat cacat pada berlian lebih mudah terlihat.

6. Marquise

Marquise

Kalau kamu pernah melihat batu berlian dengan potongan ramping, panjang, dan ujungnya tajam, maka ini adalah marquise-shaped diamond. Dikenal juga dengan nama “navette”, bentuk yang satu ini bisa memaksimalkan ukuran karat berlian.

Ini adalah pilihan cut yang cocok untuk memaksimalkan karat. Potongannya yang panjang dan ramping juga membuat jari terlihat lebih langsing apabila kamu memilih Marquise untuk cincin.

7. Pear

Pear

Ketika bentuk marquise dan round bersatu, maka muncullah bentuk pear – atau populer juga dengan sebutan tear-shaped. Bentuk ini memiliki ujung bulat pada satu sisi dan meruncing di ujung satunya, sehingga tampilannya sangat anggun dan dinamis.Terlihat unik, bentuk air mata ini cocok untuk kamu yang ingin tampil beda dan menarik perhatian without being too much.

8. Heart Shaped

Heart Shaped

Siapa yang tidak tahu heart-shaped cut? Bentuk yang melambangkan cinta dan romantisme ini memadukan subtle lines dan proporsi seimbang sehingga visualnya harmonis dan simetris.

Cut yang satu ini akan tampak mewah kalau kamu memadukannya dengan perhiasan, seperti engagement ring atau wedding ring.

9. Radiant

Radiant

Emerald dan round-cut yang bersatu menghasilkan bentuk radiant – tampilannya pun unik dan memesona. Terdapat 70 faset pada bentuk radiant, sehingga kilaunya memantul dengan sempurna.

Brightness yang baik dan bentuk yang unik, radiant cut adalah pilihan ideal untuk kamu yang bosan dengan round diamond shapes yang tradisional tapi menyukai kilau berlian yang menawan.

10. Hexagon

Hexagon

Hexagon cut hadir dengan enam sisi yang serasi. Jewelry enthusiasts akan terpukau karena kilaunya yang menawan. Dengan tampilan yang lebih tegas dan bold, potongan hexagon memungkinkan kamu untuk membuat statement yang berani.

Bentuk hexagon ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin tampil unik dengan desain geometris. Potongan ini juga ideal apabila dipadukan dengan look kontemporer.

Bentuk yang satu ini cenderung unik dan kurang umum di dunia perhiasan. Tampil dengan enam sisi yang sama, hexagon cut memikat peminat berlian dengan kilau yang indah - mirip dengan bentuk round.

Namun, estetikanya terlihat lebih tegas dan berani. Makanya, kamu bisa mempertimbangkan hexagon-shaped untuk statement yang mencolok.

Lalu, bentuk berlian seperti apa yang cocok untukmu? Kamu bisa hubungi profesional untuk memahami nuansa setiap bentuk dan potongan. Atau, kamu bisa cek VUE, jewelry market terkemuka di Indonesia.

Terdapat ragam pilihan lab grown diamond yang telah dikurasi dengan cermat. Kunjungi VUE sekarang juga dan dapatkan insight dari profesional untuk memilih bentuk berlian yang tepat!