tips membeli diamond

Cara Cermat Membeli Lab Diamond: 10 Tips Mendapatkan Diamond Berkualitas

Berlian telah lama menjadi simbol keindahan yang timeless. Namun, kamu perlu memahami tips membeli diamond agar tidak salah beli di pasar perhiasan yang kompleks.

Melalui artikel ini, kamu akan belajar tentang apa saja yang harus dipertimbangkan ketika membeli berlian, terutama kalau ini pertama kalinya kamu beli lab-grown diamond. 

1. Ada IGI Number Inscription

Lab Diamond

IGI number pada berlian menjadi aspek nomor satu yang harus kamu pastikan. Ini adalah salah satu bentuk jaminan dari kualitas diamond yang kamu beli. 

Umumnya, berlian yang otentik memiliki sertifikat. Kamu bisa menemukan nomor IGI di sertifikat tersebut. Pada beberapa kasus, IGI number juga tercetak kecil di bagian girdle—perlu mikroskop untuk melihatnya.

Kenapa sertifikat IGI ini penting? Kamu bisa tracking berlian ini dan melakukan verifikasi keasliannya dengan cara mencocokkan dengan IGI number yang tertera pada sertifikat.

2. Memilih Lab Diamond daripada Natural Diamond

diamond

Lab grown diamond adalah pilihan yang jauh lebih tepat daripada berlian natural. Karakteristik dan look diamond yang tercipta dari teknologi mutakhir laboratorium sama dengan berlian natural.

Kenapa bisa begitu? Hal ini karena lab grown diamond mampu meminimalisasi efek lingkungan, terutama terkait eksploitasi alam. Selain itu, proses pembentukan yang lebih efisien dan terkontrol memungkinkan berlian laboratorium bisa 80% lebih terjangkau, tanpa menurunkan kualitas.

3. Memahami Bentuk Berlian

tips membeli berlian

Tahukah kamu kalau berlian dengan bentuk memanjang atau elongated—seperti pear dan marquise—cenderung terlihat lebih besar daripada berat karatnya? Apalagi jika kamu membandingkannya dengan symmetrical shapes, seperti round dan oval.

Bentuk-bentuk ini juga memberikan efek visual yang bikin jari tampak lebih ramping dan panjang—ini memberikan efek dramatis pada penampilanmu.

4. Ukur Dimensi Berlian

Dimensi Berlian

Tips membeli berlian berikutnya adalah mengukur berlian yang akan kamu beli, mulai dari lebar, tinggi, dan kedalamannya. Dengan proporsi yang tepat, maka kamu bisa menyesuaikan dimensi berlian dengan ukuran jari kamu.

5. Potongan Terbaik untuk Kilau Maksimal

beli diamond

Round Brilliant adalah cut yang populer karena efisiensinya memaksimalkan kilau berlian—thanks to potongan simetri yang sempurna. Selain menangkap cahaya dari segala arah, bentuk ini juga memantulkannya kembali dengan kilau yang cantik. 

Round Brilliant juga terbagi dalam beberapa cut grades, yang menentukan seberapa baik diamond memantulkan cahaya. Berikut adalah penjelasannya.

  • Ideal cut, yang menjadi tingkatan paling optimal karena proporsinya akurat untuk memaksimalkan kilau, brightness, dan fire.
  • Shallow cut, yang karakter potongannya lebih datar sehingga cahaya juga keluar dari bagian bawah—tidak semuanya memantul kembali ke atas.
  • Deep cut atau potongan yang terlalu dalam sehingga cahaya keluar melalui sisi lain dari core diamond atau tidak memantul ke atas. Jenis cut ini juga membuat diamond tampak lebih kecil dan kurang berkilau.

Informasi tentang cut ini bisa kamu temukan di sertifikat IGI dari diamond yang kamu beli.

6. Jaga Berlian saat Aktivitas

tips memilih berlian

Salah satu cara lain agar berlian tetap berkualitas dan tidak menurunkan harganya adalah menjaganya dari berbagai gesekan. Maka dari itu, jaga perhiasanmu ketika beraktivitas apalagi jika kamu memiliki lifestyle yang aktif.

7. Pahami Berat Karat dan Harganya

karat berlian

Satu karat setara dengan 200 miligram – ini menjadi faktor utama dalam menentukan berapa harga yang harus kamu bayar. Namun, berat karat tidak selalu berbanding lurus dengan value-nya. 

Harga per karat bisa berubah tergantung besar berlian atau beratnya secara keseluruhan. Perlu juga kamu ingat bahwa berat bukan satu-satunya faktor yang menentukan harga – ada clarity, cut, dan color.

8. Color dan Clarity yang Baik

Color dan Clarity Diamond

Memahami grading warna dan kejernihan berlian adalah tips memilih diamond selanjutnya.

Berlian yang tidak berwarna adalah yang harganya paling tinggi apabila dibandingkan dengan berlian berwarna lain – ukurannya menggunakan skala D (tanpa warna) hingga Z (kekuningan). 

Misal anggaranmu terbatas, skala F-H bisa kamu pertimbangkan karena warnanya yang hampir tanpa warna, namun harganya lebih terjangkau.

Bicara soal clarity, skalanya dari Flawless hingga Included. Kamu harus pintar-pintar memilih kombinasi agar mendapatkan berlian yang indah, berkualitas, dan bernilai ekonomi

9. Beli Diamond yang Kamu Suka

tips membeli berlian

Memilih diamond bukan hanya tentang melihatnya sebagai investasi finansial. Kamu juga perlu mempertimbangkan apa yang paling kamu sukai dan faktor pribadi lainnya. Tapi kamu bisa mempertimbangkan beberapa aspek berikut agar pembelianmu worth the money.

  • Riset harga dulu sebelum membeli dan jangan ragu untuk membandingkan satu penjual dan lainnya.
  • Cari toko perhiasan yang kredibel, terutama yang tersertifikasi IGI.
  • Pahami skala kualitas berlian. Memahami grading warna, kejernihan, dan potongan akan membantumu menentukan mana yang baik dan tidak.
  • Selalu waspada, terutama terhadap diskon besar dan tidak masuk akal.
  • Konsultasi dulu dengan profesional independen yang bisa memverifikasi keaslian berlian.
  • Perhatikan lagi kebijakan garansi. Apabila berlian tidak sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan, kamu bisa menggunakan kebijakan pengembalian dan menuntut garansi dari penjual.

Lebih dari apapun, diamond jewelry adalah sesuatu yang kamu pakai dan menunjukkan personality-mu. Maka dari itu, pastikan kamu menyukainya agar tidak menyesal di kemudian hari.

10. Tentukan Setting

tips memilih diamond

Tips memilih berlian yang perlu kamu perhatikan adalah setting. Selain menentukan style, ini juga menentukan keamanan batu permata yang ada di perhiasan itu. 

Bahkan, beberapa setting memungkinkan kemilau yang lebih sophisticated. Dari prong hingga bezel, pertimbangan ini tidak hanya memberikan tampilan yang menawan, namun juga menjaga berlian pada tempatnya ketika kamu memakainya.

Kamu mencari berlian berkualitas dan terjangkau, namun tetap ramah lingkungan? VUE punya jawabannya. Sebagai pusat diamond jewelry terkemuka di Indonesia, VUE hanya menggunakan lab grown diamond IGI certified

Dengan begitu, kamu tetap menikmati keindahannya dengan menjadi pengguna bertanggung jawab. Yuk, temukan perhiasan idealmu dengan tips membeli diamond di atas, agar keputusan membelimu tepat.